Resep Baik Sunco

Tips Mengolah Jengkol Supaya Tidak Bau dan Pahit

Bagi kamu pecinta jengkol pasti tahu kalau proses pengolahan jengkol itu sangat menentukan kelezatannya. Jika kamu salah mengolah, alhasil jengkol pun jadi pahit dan bau. Bahkan bisa mengakibatkan pusing dan ‘mabok jengkol’ setelah banyak memakannya.

Jika kamu salah satu orang yang belum tahu bagaimana cara benar mengolah jengkol simak tipsnya berikut ini.

Kupas sampai Bersih

Selaput pada jengkol harus dibuang dan dibersihkan sampai tuntas. Soalnya sedikit saja kulitnya tidak bersih, maka bakal memengaruhi rasa jengkol dan jadi pahit saat diolah.

Rendam Jengkol

Supaya jengkol tidak bau, kamu bisa merendam jengkol terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Merendam jengkol di dalam air bisa menetralisir racun yang dikandungnya. Untuk hasil terbaik, kamu bisa merendam jengkol semalaman dengan menggunakan air es atau air dingin. Selain itu, kamu juga bisa merendamnya dengan menggunakan air kapur sirih.

Rebus Jengkol dengan Daun Jeruk

Setelah di rendam semalaman, kamu bisa merebus jengkol bersama dengan daun jeruk purut untuk menetralisir bau jengkol. Caranya cukup mudah, iris daun jeruk purut yang sudah disiapkan, lalu masukan irisan daun jeruk purut tersebut pada rebusan jengkol.

Selain daun jeruk purut, kamu juga bisa merebus jengkol bersama daun jambu biji. Selain menghilangkan bau, merebus jengkol dengan menggunakan daun jambu biji juga akan membuat jengkol lebih cepat empuk dan lunak.

Masak dengan Api Kecil

Perlu diperhatikan juga soal teknik memasaknya pun harus benar, biasakan direbus dengan bumbu yang lama. Juga gunakan api kecil, agar meresap sempurna.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat jengkol tidak pahit dan bau sat disantap. Semoga bisa bermanfaat.

Selamat mencoba..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *