Resep Baik Sunco

Cara Menyimpan Kentang Agar Tak Gampang Busuk

minyakgorengsunco.com – Di antara beberapa jenis sayuran, ternyata kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa bertahan dalam waktu beberapa bulan, jika kamu menyimpannya secara khusus dan tepat. Hal ini pastinya penting sekali untuk kamu yang terbiasa mengonsumsi kentang setiap hari. Menyimpan kentang untuk persediaan 1-2 minggu, mau tidak mau kamu harus membeli kentang dalam jumlah yang banyak.

Nah, supaya persediaan kentang kamu jadi tak gampang busuk, kamu harus pintar menyimpannya. Mubazir kan kalau busuk lalu dibuang. Oleh karenanya mendingan kamu simak beberapa tips menyimpan kentang supaya awet dan tahan lama berikut ini.

Beli yang masih segar

Saat berbelanja, kamu sebaiknya cermat dalam memilih kentang. Usahakan pilih yang masih segar, sebab kentang segar punya waktu simpan lebih lama. Pilih juga kentang dengan tekstur agak keras dan tidak busuk. Selain itu, pilih kentang yang berwarna kekuningan dengan permukaan tidak bergelombang. Ingat, jangan pilih yang berwarna hijau, karena kentang masih muda dan rasanyapun pahit.

Tapi, jika kamu sudah terlanjur membeli kentang dengan kondisi yang kurang segar, kamu bisa melakukan dua hal ini:

  1. Pisahkan kentang rusak dari kentang lainnya. Jangan simpan terlalu lama, gunakan segera kentang tersebut (maksimal 2 hari).
  2. Potong dan buang bagian yang rusak. Sementara bagian yang segar direndam dalam air dingin. Dapat disimpan maksimal 1 hari.

Jangan cuci kentang

Biasanya kebanyakan orang akan mencuci kentang sebelum disimpan. Namun, kentang yang lembab justru akan cepat busuk. Sebaliknya, jaga kondisi kentang supaya tetap kering agar tidak ditumbuhi jamur. Jangan takut kotor atau kuman, sebab kamu bisa cuci kentang sebelum dimasak.

Simpan di tempat kering

Kentang sebenarnya bisa bertahan 1-2 minggu di suhu ruang. Namun, agar lebih tahan lama, kamu bisa simpan kentang di tempat yang kering, tidak lembab, dan tidak terpapar sinar matahari.

Kamu bisa simpan kentang dalam plastik yang sudah dilubangi atau keranjang jaring. Lubang dan jaring berguna untuk sirkulasi udara (agar tidak lembab). Kemudian, simpan di lemari kering yang tidak terkena cahaya langsung.

Jangan menyimpan di dalam kulkas. Sebab, suhu kulkas terlalu dingin untuk kentang. Akhirnya, kentang akan berwarna kehitaman saat dimasak.

Nah, kamu bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk menyimpan kentang agar tetap segar dan tahan lama. Semoga cara tersebut bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *